(PPelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Semester Ganjil)
BAB I
التعريف بالنفس وَ بالعاملين فى المدرسة
المفردات
Kosa Kata
طَالِب
Siswa (lk)
طَالِبَة
Siswi (pr)
صَدِيْقِي
Temanku (laki)
|
صَدِيْقَتِي
Temanku (perempuan)
مُدَرِّس
Guru (lk)
نَاظِرُ المدرسة
Kepala/Pengawas Sekolah (lk)
مُوَظَّف
Pegawai (lk))
رَئِيْسُ الْفَصْلِ
(lk)Ketua kelas
بَائِع
(lk)Penjual
خَادِم
(lk)Pembantu
أَمِيْنُ الـمَكْتَبة
(lk)Kepala Perpustakaan
سَائِق
(lk)Sopir
بَوَّاب
Satpam (lk)
KATA TUNJUK
اسم الاشارة))
هذَا
Ini (laki)
هذِهِ
ini (perempuan)
ذَلِكَ
itu (laki)
تِلْكَ
itu (perempuan)
KATA GANTI ORANG
ضَمِيْر
1. Kata ganti orang pertama (Saya)
أَنَا Saya
Kita/kami نَحْنُ
2. Kata ganti orang kedua (Kamu)
أَنْت Kamu (1 org Lk)
أَنْتِ Kamu (1 org Pr)
أَنْتُمَا Kamu (2 org Lk/Pr)
أَنْتُمْ Kamu (3 org Lk/lebih)
أَنْتُنَّ Kamu (3 org Pr /lebih)
3. Kata ganti orang ketiga (Dia)
هُوَ Dia (1 org Lk)
هِيَDia (1 org Pr)
هُمَا Dia (2 org Lk/Pr)
هُمْ Dia (3 org Lk/lebih)
هُنَّ Dia (3 org Pr/lebih)
Ungkapan-ungkapan untuk sapaan:
الْجَوَاب
|
التَّحِيَّة
| |||
Arti
|
Bentuk
|
Arti
|
Bentuk
| |
Wa alaikumussalam
|
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
|
Assalamu’alaikum
|
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
| |
Selamat datang
|
أهلا بِكَ
|
Selamat datang
|
أهْلاً وَسَهْلا
| |
Selamat pagi juga
|
صَبَاحَ النُّوْرِ
|
Selamat pagi
|
صَبَاحَ الْخَيْرِ
| |
Selamat sore juga
|
مَسَاءَ النُوْرِ
|
Selamat sore
|
مَسَاءَ الْخَيْرِ
| |
Selamat siang juga
|
سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ
|
Selamat siang
|
نَهَارُكَ سَعِيْدٌ
| |
Selamat malam juga
|
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةٌ
|
Selamat malam
|
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة
| |
Sama-sama
|
عَفْوًا
|
Terima kasih
|
شُكْرًا
| |
Alhamdulillah baik
|
الْحَمْدُ لله بِخَيْر
|
Bagaimana kabarmu
|
كَيْفَ حَالُكَ
| |
Semoga selamat
|
مَعَ السَّلاَمَةِ
|
Sampai jumpa
|
إِلىَ الِّلقَاءِ
| |
TATA BAHASA
1. Kata Ganti
حِلْيَة
طَالِبَة
|
Saya
|
أنا
|
عَزَّام
طَالِب
|
Saya
|
أنا
| |
Kamu (perempuan)
|
أنتَ
|
Kamu (laki-laki)
|
أنتَ
| |||
Dia (perempuan)
|
هِىَ
|
Dia (laki-laki)
|
هُوَ
|
2. Isim Isyarah (kata petunjuk)
Keterangan
|
مُؤَنَّث
|
مُذَكَّر
|
Untuk jarak dekat
|
ذَلِكَ
|
هَذَا
|
Itu (laki-laki)
|
Ini (laki-laki)
| |
Untuk jarak jauh
|
تِلْكَ
|
هَذِهِ
|
Itu (perempuan)
|
Ini (perempuan)
|
حِلْيَة
|
هَذِهِ
|
عَزَّام
|
هَذا
| |
طَالِبَة
|
تِلْكَ
|
طَالِب
|
ذَلِكَ
| |
صَدِيْقَتِىْ
|
هَذِهِ
|
صَدِيْقِي
|
هَذا
|
Contoh :
3. Kata Tanya “ مَنْ”
Kata Tanya “ مَنْ”
مُؤَنَّث
|
مُذَكَّر
| |||||
الْجَوَاب
|
التَّحِيَّة
|
الرَّقْمُ
|
الْجَوَاب
|
التَّحِيَّة
|
الرَّقْمُ
| |
هَذَهِ رَفِيْدَة
|
مَنْ هَذَهِ ؟
|
1
|
هَذَا عَزَّام
|
مَنْ هَذَا ؟
|
1
| |
Ini Rofidah
|
Siapa ini ?
|
Ini Azzam
|
Siapa ini ?
| |||
هِىَقَانِتَة
|
مَنْهِىَ ؟
|
2
|
هُوَفَوْزَان
|
مَنْهُوَ ؟
|
2
| |
Ini Qonitah
|
Siapa dia ?
|
Dia Fauzan
|
Siapa dia ?
| |||
أَنَاحِلْيَة
|
مَنْأنْتِ ؟
|
3
|
أَنَامَحْمُوْد
|
مَنْأنْتَ ؟
|
3
| |
Ini Hilya
|
Siapa kamu ?
|
Saya Mahmud
|
Siapa kamu ?
|
1. Mufradat kata benda laki-laki dan perempuan
إسْمٌ مُؤَنَّثٌ
|
إسْمٌ مُذَكَّر
| ||
Siswa (pr)
|
طَالِبَة
|
Siswa (lk)
|
طَالِب
|
Guru (pr)
|
مُدَرِّسَة
|
Guru (lk)
|
مُدَرِّس
|
Kepala Sekolah (pr)
|
نَاظِرَةُ الْمَدْرَسَة
|
Kepala Sekolah (lk)
|
نَاظِرُ المدرسة
|
Pegawai (pr)
|
مُوَظَّفَة
|
Pegawai (lk)
|
مُوَظَّف
|
Ketua kelas(pr)
|
رَئِيْسَة الْفَصْلِ
|
Ketua kelas(lk)
|
رَئِيْسُ الْفَصْلِ
|
Penjual (pr)
|
بَائِعَة
|
Penjual (lk)
|
بَائِع
|
Pembantu (pr)
|
خَادِمَة
|
Pembantu (lk)
|
خَادِم
|
Kepala Perpustakaan (pr)
|
أَمِيْنَة الـمَكْتَبة
|
Kepala Perpustakaan (lk)
|
أَمِيْنُ الـمَكْتَبة
|
Sopir (pr)
|
سَائِقَة
|
Sopir (lk)
|
سَائِق
|
Satpam (pr)
|
بَوَّابَة
|
Satpam (lk)
|
بَوَّاب
|
2. Ungkapan-ungkapan sapaan
الْجَوَاب
|
التَّحِيَّة
| |||
Arti
|
Bentuk
|
Arti
|
Bentuk
| |
Wa alaikumussalam
|
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
|
ç
|
Assalamu’alaikum
|
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
|
Selamat datang
|
أهلا بِكَ
|
ç
|
Selamat datang
|
أهْلاً وَسَهْلا
|
Selamat pagi juga
|
صَبَاحَ النُّوْرِ
|
ç
|
Selamat pagi
|
صَبَاحَ الْخَيْرِ
|
Selamat sore juga
|
مَسَاءَ النُوْرِ
|
ç
|
Selamat sore
|
مَسَاءَ الْخَيْرِ
|
Selamat siang juga
|
سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ
|
ç
|
Selamat siang
|
نَهَارُكَ سَعِيْدٌ
|
Selamat malam juga
|
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةٌ
|
ç
|
Selamat malam
|
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة
|
Sama-sama
|
عَفْوًا
|
ç
|
Terima kasih
|
شُكْرًا
|
Alhamdulillah baik
|
الْحَمْدُ لله بِخَيْر
|
ç
|
Bagaimana kabarmu
|
كَيْفَ حَالُكَ
|
Semoga selamat
|
مَعَ السَّلاَمَةِ
|
ç
|
Sampai jumpa
|
إِلىَ الِّلقَاءِ
|
3. Kata Ganti Milik
namaku
|
اِسْمِـيْ
|
اِسْمُ + أَنَا
|
1
|
namamu (lk)
|
اِسْمُكَ
|
اِسْمُ + أَنْتَ
|
2
|
namamu (pr)
|
اِسْمُكِ
|
اِسْمُ + أَنْتِ
|
3
|
namanya (lk)
|
اِسْمُهُ
|
اِسْمُ + هُوَ
|
4
|
namanya (pr)
|
اِسْمُهَا
|
اِسْمُ + هِيَ
|
5
|
الرَّقْم
|
الْكَلِمَة
|
الضَّمِيْر ( Kata Ganti )
| ||||
أَنَا
|
أنْتَ
|
أنْتِ
|
هُوَ
|
هِىَ
| ||
1
|
اِسْمٌ
|
اِسْمِي
|
اِسْمُكَ
|
اِسْمُكِ
|
اِسْمُهُ
|
اِسْمُهَا
|
2
|
صَدِيْق
|
صَدِيْقي
|
صَدِيْقُكَ
|
صَدِيْقُكِ
|
صَدِيْقُهُ
|
صَدِيْقُهَا
|
3
|
أَخ
|
أَخِي
|
أَخُوكَ
|
أَخُوكِ
|
أَخُوهُ
|
أَخُوهَا
|
4
|
أخت
|
أُخْتِي
|
أُخْتُكَ
|
أُخْتُكِ
|
أُخْتُهُ
|
أُخْتُهَا
|
Kata Tanya “ مَا” dan “ مَنْ” Milik
Kegunaan
|
Contoh kalimat
| ||
مَا (apakah)
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kata benda yang tidak berakal
|
اِسْمِىْ عَلِىّ
|
اِسْمُكَ ؟
|
مَا
|
اِسْمِىْ خَدِيْجَة
|
اِسْمُكِ ؟
| ||
هَذَا كِتَابٌ
|
هَذَا ؟
| ||
هَذِهِ مِسْطَرَةٌ
|
هَذِهِ ؟
| ||
مَنْ (siapa)
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kata benda yang berakal
|
أنا طَالِب
|
أنتَ
|
من
|
أنا مُدَرِّسَة
|
أنتِ
| ||
هَذَا عَلِىّ
|
هَذَا ؟
| ||
هَذِهِ خَدِيْجَة
|
هَذِهِ ؟
|
Petunjuk Arah:
الشَّرْقِيَّة
Timur
الْغَرْبِيَّة
Barat
الْجَنُوْبِيَّة
Selatan
الْوُسْطَى
Tengah
الشَّمَالِيَّة
Utara
جَاوَى الشَّرْقِيَّة
Jawa Timur
سُومَطْرَا الْجَنُوْبِيَّة
Sumatra Selatan
كَلِيمَانْتَانْ الغَرْبِيَّة
Kalimantan Barat
سُوْلاَوسِى الْوُسْطَى
Sulawesi Tengah
مَالُوْكُوْ الشَّمَالِيَّة
Maluku Utara
عَاصِمَة
Ibu kota
مَدِيْنَة
Kota
قَرْيَة
Desa
Contoh kalimat :
1
|
قَرْيَةُ سُوْمبرْكَالِى فِىْ مَدِيْنَة سُوْرَابَايَا
|
Desa Sumberkali di Kota Surabaya
|
2
|
مَدِيْنَةُ سُوْرَابَايَا فِىْ جَاوَى الشَّرْقِيَّة
|
Kota Surabaya di Jawa Timur
|
3
|
عَاصِمَةُ جَاوَى الشَّرْقِيَّة سُوْرَابَايَا
|
Ibukota Jawa Timur adalah Surabaya
|
القراءة
اِسْمِىْ فَارُوْق . أَنَا طَالِب فِىْ هَذِه ِالْمَدْرَسَة . وَهَذَا أَخِىْ، اِسْمُهُ صَالِح . هُوَ طَالِب أَيْضًا . وَهَذِهِ صَدِيْقَتِىْ، اِسْمُهَا فِطْرِيَة . هِىَ رَئِيْسَةُ الْفَصْل . تِلْكَ مُدَرِّسَتِىْ ، اِسْمُهَا اْلأُسْتَاذَة نَفِيْسَة . هِىَ مُدَرِّسَةُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّة . وَذَلِكَ ، اْلأُسْتَاذ مَنْصُوْر . هُوَ نَاظِرُ الْمَدْرَسَة .
اُنْظُرْ ! ذَلِكَ ، السَّيِّد عُمَر . هُوَأَمِيْنُ الـمَكْتَبَة فِىْ هَذِهِ الْمَدْرَسَة . وَتِلْكَ ، السَّيِّدَة حَفْصَة . هِىَ مُوَظَّفَة فِىْ الْمَكْتَبَة .وَهَذَا بَائِع ، اِسْمُهُ السَّيِّد خَالِص . وَهَذِهِ بَائِعَة ، اِسْمُهَا السَّيِّدَة فَاطِمَة .ذَلِكَ سَائِق وَتِلْكَ سَائِقَة . السَّائِق اِسْمُهُ السَّيِّد حَفِيْظ . وَالسَّائِقَة اِسْمُهَا السَّيِّدَة كَامِلَة .
اُنْظُرْ أَيْضًا ! ذَلِكَ بَوَّاب . اِسْمُهُ السَّيِّد مَسْعُوْد . هُوَ مِنْ سُوْرَابَايَا . وَتِلْكَ خَادِمَة . اِسْمُهَا نَبِيْلَة . هِىَ مِنْ بَانْدُوْنج .
BAB II
المرافق والأدوات المدرسية
(Fasilitas dan Alat-Alat Sekolah)
المفردات
Kosa Kata
1. Peralatan Sekolah
Tas حَقِيْبَة
Buku كِتَاب
Penggaris مِسْطَرَة
Pena قَلَم
Penghapus (papan tulis) مِمْسَحَة
Pensil مِرْسَم
Penghapus pensil مِمْحَاة
Kamus قَامُوْس
Kotak Pensil مِقْلَمَة
Buku Presensi كَشْفُ اْلغِيَاب
Gambar صُوْرَة
Dinding حَائِط
Peta خَرِيْطَة
Kursi كُرْسِيّ
Buku Tulis كُرَّاسَة
Kertas قِرْطَاس
Jam سَاعَة
Meja مَكْتَب
Papan Tulis سَبُّوْرَة
Lampu مِصْبَاح
2. Tempat
Toilet مِرْحَاض
Kelas فَصْل
Lapangan مَلْعَب
Perpustakaan مَكْتَبَة
Kamar mandi حَمَّام
Musholla مُصَلَّى
3. Terkait Kata Keterangan Tempat beserta contoh dalam kalimat
Di dalam فِي 1
اْلقَلَم فِي اْلحَقِيْبَة
Di atas (menempel) عَلَى 2
الكِتَاب عَلَى الْمَكْتَب
Di atas (tidak menempel) فَوْقَ 3
الْمِصْبَاح فَوْقَ الْمَكْتَب
Di bawah تَحْتَ 4
الْمِقْلَمَة تَحْتَ الْكُرَّاسَة
Di depan أَمَامَ 5
الْمُصَلَّى أَمَامَ الْمَلْعَب
Di belakang وَرَاءَ 6
الْمَسْجِد وَرَاءَ الْفَصْل
Di antara بَيْنَ 7
الْمِقْلَمَة بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس
Di samping جَانِبَ 8
الْمِمْسَحَة جَانِبَ الْمِرْسَم
4. Kata Sifat
معنى
(Arti)
|
مؤنث
(Pr)
|
مذكر
(Lk2)
|
معنى
(Arti)
|
مؤنث
(Pr)
|
مذكر
(Lk2)
| |
kecil
|
صَغِيْرَةٌ
|
صَغِيْرٌ
| ![]() ![]() |
besar
|
كَبِيْرَةٌ
|
كَبِيْرٌ
|
dekat
|
قَرِيْبَةٌ
|
قَرِيْبٌ
|
jauh
|
بَعِيْدَةٌ
|
بَعِيْدٌ
| |
pendek
|
قَصِيْرَةٌ
|
قَصِيْرٌ
| ![]() ![]() |
panjang
|
طَوِيْلَةٌ
|
طَوِيْلٌ
|
sedikit
|
قَلِيْلَةٌ
|
قَلِيْلٌ
|
banyak
|
كَثِيْرَةٌ
|
كَثِيْرٌ
| |
kotor
|
وَاسِحَةٌ
|
وَاسِحٌ
| ![]() ![]() |
bersih
|
نَظِيْفَةٌ
|
نَظِيْفٌ
|
jelek
|
قَبِيْحَةٌ
|
قَبِيْحٌ
|
indah
|
جَمِيْلَةٌ
|
جَمِيْلٌ
| |
malas
|
كَسْلَانَةٌ
|
كَسْلَانٌ
| ![]() ![]() |
rajin
|
نَشِيْطَةٌ
|
نَشِيْطٌ
|
sempit
|
ضَيِّقَةٌ
|
ضَيِّقٌ
|
luas
|
وَاسِعَةٌ
|
وَاسِعٌ
| |
lambat
|
بَطِيْئَةٌ
|
بَطِئٌ
| ![]() ![]() |
cepat
|
سَرِيْعَةٌ
|
سَرِيْعٌ
|
dangkal
|
ضَحْلَةٌ
|
ضَحْلٌ
|
dalam
|
عَمِيْقَةٌ
|
عَمِيْقٌ
| |
Mudah
|
سَهْلَةٌ
|
سَهْلٌ
| ![]() ![]() |
susah
|
صَعْبَةٌ
|
صَعْبٌ
|
dusta
|
كَاذِبَةٌ
|
كَاذِبٌ
| ![]() ![]() |
benar
|
صَادِقَةٌ
|
صَادِقٌ
|
TATA BAHASA
Keterangan
1. Kata Tanya “أَيْنَ” (dimana) digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh :
Arti
|
Jawaban
|
Pertanyaan
| ||
Pena itu di dalam tas
|
اْلقَلَم فِي اْلحَقِيْبَة
|
ç
|
اْلقَلَم ؟
|
أَيْنَ
|
Buku itu di atas meja
|
الكِتَاب عَلَى الْمَكْتَب
|
ç
|
الكِتَاب ؟
| |
Lampu itu di atas kursi
|
الْمِصْبَاح فَوْقَ الْكُرْسِىّ
|
ç
|
الْمِصْبَاح ؟
| |
Tempat pena itu di bawah buku tulis
|
الْمِقْلَمَة تَحْتَ الْكُرَّاسَة
|
ç
|
الْمِقْلَمَة ؟
| |
Mushalla itu di depan lapangan
|
الْمُصَلَّى أَمَامَ الْمَلْعَب
|
ç
|
الْمُصَلَّى ؟
| |
Masjid itu di belakang kelas
|
الْمَسْجِد وَرَاءَ الْفَصْل
|
ç
|
الْمَسْجِد ؟
| |
Tempat pena itu di antara penggaris dan kamus
|
الْمِقْلَمَة بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس
|
ç
|
الْمِقْلَمَة ؟
| |
Penghapus papan tulis itu di samping pensil
|
الْمِمْسَحَة جَانِبَ الْمِرْسَم
|
ç
|
الْمِمْسَحَة ؟
|
2. Mubtada’ Khobar
a. Mubtada & Khabar dari kata keterangan tempat
الْخَبَر
|
الْمُبْتَدَأ
|
الْخَبَر
|
الْمُبْتَدَأ
| ||||||
فِي اْلحَقِيْبَة
|
اْلقَلَم
|
5
|
أَمَامَ الْمَلْعَب
|
الْمُصَلَّى
|
1
| ||||
عَلَى الْمَكْتَب
|
الكِتَاب
|
6
|
وَرَاءَ الْفَصْل
|
الْمَسْجِد
|
2
| ||||
فَوْقَ الْكُرْسِىّ
|
الْمِصْبَاح
|
7
|
بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس
|
الْمِقْلَمَة
|
3
| ||||
تَحْتَ الْكُرَّاسَة
|
الْمِقْلَمَة
|
8
|
جَانِبَ الْمِرْسَم
|
الْمِمْسَحَة
|
4
| ||||
Keterangan :
1. Kedudukan kata yang tercetak tebal adalah sebagai Mubtada’ (subyek)
2. Kedudukan kata yang berwarna merah adalah sebagai Khobar (predikat dengan bentuk kata keterangan tempat)
3. Struktur contoh-contoh di atas adalah :
.
|
b. Mubtada & Khabar dari kata sifat
مُؤَنَّث
|
مُذَكَّر
| ||||||||
Arti
|
الْخَبَر
|
الْمُبْتَدَأ
|
Arti
|
الْخَبَر
|
الْمُبْتَدَأ
| ||||
Ini penggaris
|
مِسْطَرَةٌ
|
هَذِهِ
|
Ini kelas
|
فَصْلٌ
|
هَذَا
| ||||
Penggaris (itu) panjang
|
طَوِيْلَةٌ
|
الْمِسْطَرَةُ
|
Kelas (itu) bersih
|
نَظِيْفٌ
|
الْفَصْلُ
| ||||
Penggaris ini panjang
|
طَوِيْلَةٌ
|
هَذِهِ الْمِسْطَرَةُ
|
Kelas ini bersih
|
نَظِيْفٌ
|
هَذَا الْفَصْلُ
| ||||
Keterangan :
1. Mubtada’adalah kata yangberkedudukan sebagai subyek
2. Khobaradalah kata yang menerangkan Mubtada’ dan berkedudukan sebagai predikat
3. Catatan :
a. Khobar harus sesuai dengan Mubtada’ (kecuali yang berupa kata keterangan tempat
b. Jika Mubtada’nya mudzakkar (laki-laki) maka khabarnya harus mudzakkar
c. Jika Mubtada’nya mu’annats (perempuan) maka khabarnya harus mu’annats
d. Bentuk kata sifat harus menyesuaikan dengan benda yang disifati dalam hal mudzakkar dan mu’annats (perhatikan dan cermati contoh di atas)
4. Struktur contoh-contoh atas adalah :
.
|
القراءة
اِسْمِى سَلْمَان . أنا طَالِب .
اُنْظُرْ إِلَى هذِهِ الصُوْرَة !
هذِهِ مَدْرَسَتِي . هِىَ كَبِيْرَة ومُنَظَّمَة وَجَمِيْلَة . وَهِىَ أَمَامَ الْمَسْجِد الْكَبِيْر . الـمَدْرَسة فِي شَارِع سُوكَارْنُو رَقْم 7
وَهَذَا فَصْلِىْ .الفَصْل وَاسِع وجَمِيْل، الْفَصْلُ مُنًظَّم .
اُنْظُرْ ! هذِهِ سَبُّوْرَة . السَبُّوْرَة عَلَى الحَائِط
وَهذِهِ سَاعَة . السَّاعَة جَمِيْلَة . السَاعَة فَوْقَ السَبُّوْرَة .
هذِهِ حَقِيْبَتِي . حَقِيْبَتِي جَمِيْلَة . الـحَقِيْبَة عَلَى الـمَكْتَب .
وَهَذَا مُصَلَّى الْمَدْرَسَة . هُوَ بَيْنَ الْمَكْتَبَةِ وَالْفَصْل . هُوَ صَغِيْر وَنَظِيْف وجَمِيْل .
هذِهِ مَكْتَبةُ الْمَدْرَسَة . الـمَكْتَبةُ كَبِيْرَة، وَهِذِهِ الـمَكْتَبة مُنَظَّمَة .هِىَ جَانِبَ الْمُصَلَّى
اُنْظُرْ ! إِلَى هَذَا الـمَلْعَب .هُوَ وَرَاءَ الْمَدْرَسَة . هُوَ وَاسِع .
هَذَا مِرْحَاض . الـمِرْحاضُ نَظِيْف ، هُوَ وَرَاءَ الـمُصَلىَّ .
BAB III
الأَلْوَانُ
المفردات
(Kosa Kata)
2. Benda dan Warnanya
Warna mawar itu merah
|
لَوْنُ الوَرْدَةِ أَحْمَرُ
|
Mawar
|
وَرْدَةٌ
| |
Warna apel itu hijau
|
لَوْنُ التُّفَّاحَةِ أَخْضَرُ
|
Apel
|
تُفَّاحَةٌ
| |
Warna telur itu krem
|
لَوْنُ البَيْضَةِ كَرِيْمِيٌّ
|
Telur
|
بَيْضَةٌ
| |
Warna pisang itu kuning
|
لَوْنُ المَوْزِ أَصْفَرُ
|
Pisang
|
مَوْزٌ
| |
Warna sepeda motor itu hitam
|
لَوْنُ الجَوَّالةِ اَسْوَدِ
|
Sepeda motor
|
جَوَّالةٌ
| |
Warna Tas itu ungu
|
لَوْنُ الحَقِيْبَة بَنَفْسَجِىّ
|
Tas
|
حَقِيْبَة
| |
Warna kertas itu putih
|
لَوْنُ القِرْطَاس أَبْيَض
|
Kertas
|
قِرْطَاس
| |
Warna mobil itu abu-abu
|
لَوْنُ السَيَّارَةِ رَمَادِيٌّ
|
Mobil
|
سَيَّارَةٌ
|
TATA BAHASA
1. Kata Tanya Perhatikan contoh-contoh berikut ini !
Alternatif Jawaban
|
Pertanyaan
| ||
2
|
1
| ||
الْكِتَاب لَوْنُهُ أَصْفَر
|
لَوْنُ الْكِتَاب أَصْفَر
|
الْكِتَاب؟
|
مَا لَوْنُ
|
Buku itu warnanya kuning
|
Warna buku itu kuning
| ||
السَاعَة لَوْنُهَا أَسْوَد
|
لَوْنُ السَاعَة أَسْوَد
|
السَاعَة؟
| |
Jamitu warnanya hitam
|
Warna jam itu hitam
| ||
الْمِرْسَم لَوْنُهُ بُنِّىّ
|
لَوْنُ الْمِرْسَم بُنِّىّ
|
الْمِرْسَم ؟
| |
Pensilitu warnanya coklat
|
Warna pensil itu coklat
| ||
الوَرْدَة لَوْنُهَا أَحْمَر
|
لَوْنُ الوَرْدَة أَحْمَر
|
الوَرْدَة ؟
| |
Mawaritu warnanya merah
|
Warna mawar itu merah
| ||
ê
|
ê
| ||
Kata benda di dahulukan, dan kata لَوْنُ disambungkan dengan dlomir muttasil yang kembali kepada kata bendanya
(lihat kata berwarna merah)
|
Kata benda jatuh setelah penyebutan kata لَوْنُ
(lihat kata berwarna hitam)
| ||
Perhatikan :
Struktur susunan ini adalah Mubtada’ Khobar
|
2. Perhatikan contoh-contoh berikut ini !
Jika
Bentuk kalimat
|
مُذَكَّر
|
مُؤَنَّث
| ||
Arti
|
Contoh
|
Arti
|
Contoh
| |
dengan لَوْنُ
|
Warna buku itu merah
|
لَوْنُ الْكِتَاب أَحْمَر
|
Warna mawar itu merah
|
لَوْنُ الْوَرْدَة أَحْمَر
|
Kata warna tetap berbentuk mudzakkar (laki-laki), meskipun kata bendanya berbentuk mudzakkar ( الْكِتَاب ) atau mu’annats ( الْوَرْدَة )
| ||||
tanpa لَوْنُ
|
buku itu merah
|
الْكِتَاب أَحْمَر
|
mawaritu merah
|
الْوَرْدَة حَمْرَاء
|
buku yang merah
|
كِتَاب أَحْمَر
|
mawaryang merah
|
وَرْدَة حَمْرَاء
| |
Kata warna disesuaikan dengan bentuk kata bendanya
· Jika benda mudzakkar ( الْكِتَاب ), maka warna juga harus mudzakkar ( أَحْمَر )
· Jika benda mu’annats ( الْوَرْدَة ), maka warna juga harus mu’annats (حَمْرَاء )
|
a. Bentuk-bentuk kosakata warna
رقم
|
مُذَكَّر
|
مُؤَنَّث
|
رقم
|
مُذَكَّر
|
مُؤَنَّث
|
رقم
|
مُذَكَّر
|
مُؤَنَّث
| ||
1
|
أَبْيَض
|
بَيْضَاء
|
5
|
أَحْمَر
|
حَمْرَاء
|
9
|
بُرْتُقَالِىّ
|
بُرْتُقَالِيَّة
| ||
2
|
أَزْرَق
|
زَرْقَاء
|
6
|
أَسْوَد
|
سَوْدَاء
|
10
|
بُنِّىّ
|
بُنِّيَّة
| ||
3
|
أَخْضَر
|
خَضْرَاء
|
7
|
كرِيْمِي
|
كرِيْمِيَّة
|
11
|
وَرْدِىّ
|
وَرْدِيَّة
| ||
4
|
أَصْفَر
|
صَفْرَاء
|
8
|
رَمَادِيّ
|
رَمَادِيَّة
|
12
|
بَنَفْسَجِىّ
|
بَنَفْسَجِيَّة
|
b. Contoh-contoh kalimat
- Contoh benar
مُذَكَّر
|
مُؤَنَّث
| |||
Arti
|
Contoh
|
Arti
|
Contoh
| |
buku merah
|
الكِتَاب أَحْمَر
|
mawar merah
|
الوَرْدَةٌ حَمْرَاء
| |
jerukkuning
|
البُرْتُقَال أَصْفَر
|
penggaris coklat
|
المِسْطَرَة بُنِّيَّة
| |
pena hijau
|
القَلَم أَخْضَر
|
papan tulis abu-abu
|
السَبُّوْرَة رَمَادِيَّة
|
- Contoh salah
No
|
Contoh
|
Arti
|
Alasan
|
1
|
أَحْمَر كِتَاب
|
Buku yang merah
|
Kata أَحْمَر harus jatuh setelah kata كِتَاب
|
2
|
حَمْرَاء وَرْدَةٌ
|
Mawar yang merah
|
Kata حَمْرَاء harus jatuh setelah kata وَرْدَةٌ
|
3
|
الكِتَاب حَمْرَاء
|
Buku itu merah
|
Kata حَمْرَاء harus berbentuk mudzakkar, karena kata الكِتَاب adalah mudzakkar
|
4
|
الوَرْدَة أَحْمَر
|
Mawar itu merah
|
Kata أَحْمَر harus berbentuk mu’annats, karena kata الوَرْدَة adalah mu’annats
|
فِي الْفَصْلِ الدِّرَاسِيّ
أَنَا طَالِب فِى الْفَصْل الأوَّل مِنَ الـمَدْرَسَة الْمُتَوَسِّطَة الإِسْلاَمِيَّة 1 مَالاَنج . فَصْلِىْ جَمِيْل وَمُنَظَّم . هُوَ جَانِبَ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَة .
اُنْظُرْ إِلَى الصُوْرَة . تِلْكَ صُوْرَةُ رَئِيْسِ الْجُمْهُوْرِيَّة . وهِيَ عَلَى الحَائِط . الحَائِط لَوْنه أصفر .
انْظُرْ ! تلك سَبُّوْرَة . السَّبُّوْرَة فِىْ فَصْلِىْ لَوْنُهَا أَبْيَض
اُنْظُرْ إِلَى أَقْلاَم الجَافّ. هى على مكتب المدرس . أَلْوَانُهَا مُتَنَوِّعَة (أَسْوَد وَأَزْرَق وَأَحْمَر وَأَخْضَر)
اُنْظُرْ إِلَى أَقْلاَم الطُّلاَّب. هِىَ عَلَى مَكْتَبِ الطُّلاَّب . أَلْوَانُهَا مُتَنَوِّعَة أيضا (أَسْوَد وَبَنَفْسَجِىّ وَأَحْمَر وَوَرْدِىّ وَبُرْتُقَالِىّ وَأَزْرَق وَرَمَادِيّ وَكرِيْمِي وَأَخْضَر وَبُنِّىّ )
Assalamu'alaikum wr.wb...
BalasHapussebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesediannya untuk membaca komentar ini.
ustadz apakah program ini telah diterapkan di sekolahan2?
Wa'alaikum salam wr.wb...
HapusMbak Efi.. terima kasih atas komentarnya.. oh ya, materi ini saya buat sebagai materi tambahan untuk siswa-siswi yang saya ajar, kalau ada yang pihak lain yang suka dan ikut mempelajarinya, justru saya lebih senang sekali.. Materi ini dibuat mengacu dg kurikulum 2008 untuk bahasa arab tingkat mts, dan nanti kalau kurikulum 2013 teleh kita terima, insya Allah kita sesuaikan lagi.. syukron.
saya setuju dengan apa yang telah ustd. berikan di blog semoga apa yang telah di tulis bermanfaat bagi kami semua amin.....
BalasHapusterima kasih atas dukungannya.. dukungan antum memotivasi saya untuk segera melanjutkan blog ini.. walaupun agak sulit mencari sela-sela waktu.. berharap atas ridhanya Allah swt kita perjuangkan kelanjutan blog ini supaya bermanfaat.. amin
HapusBagus nie...buat ngajar anak kecik....
BalasHapusringkasan materi tambahannya bagus ustadz, sekedar usul saja mungkin ustadz membbuat modul bahasa arab juga untuk kls 7,8,9 .biar lebih lengkap......
BalasHapusIy setuju mbak
HapusTerimakasih pak ustad!!!
BalasHapusSangat bagus ust .Kadang kita tahu. Tp kita ga tau mau memulainya dari mana
BalasHapusAssalamu'alaikum
BalasHapusUstadz bisa gak materi ny dibuat dalam bentuk pdf,
Biar kita, yg mau melihat, ataupun mau mendalami materi trsebut bisa lebih mudah,
Syukron, jazakallahu khoiron,
Assalamualaikum ustadz.. Terimakasih banyak materinya sangat bermanfaat..
BalasHapusAlhamdulillah bahasa arab saya semakin lancar. Terima kasih😊
BalasHapusBab 2 mana
BalasHapusBab 2 mana
BalasHapusHalo
BalasHapusTerima kasih atas semua komentarnya.. dan baiklah sekarang kita kembangkan lagi blog ini, kita tambah materi dan BAB nya dengan mengacu kurikulum terbaru K13
BalasHapusBab 2 mana
BalasHapusKalau bisa jangan di buat pdf
buku sumber dari kemenag dengan file pdf bisa langsung didownload.. kalau ingin mengedit, halaman ini bisa dicopy pastekan ke word..
Hapusterima kasih ustadz, saya izin copy materinya untuk UTS.
BalasHapusSilahkan.. Saya akan senang sekali kalau blog ini bisa bermanfaat..
HapusMatuap
BalasHapusalhamdulillaah... sangat membantu saya mencari materi bahasa arab untuk kelas 7. terimakasih untuk yang telah membuat dan mengupload.
BalasHapusمنتب
BalasHapusTRIMA KSIH BYK UST
BalasHapusAssalamulaikum ustadz
BalasHapusMaterinya sangat membantu terutama saya siswa kelas 7 MTs,di sini saya lebih bisa memahami tentang materi kelas 7,apabila di dalam LKS saya kurang paham karena penjelasannya banyak tapi kurang rinci dan materinya tidak keluar saat ulangan.
Sangat membantu,mantap,terima kasih👍
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
materinya sangat membantu guru dan siswa..syukran jazila
BalasHapusMau yg semester genap ya ustadz....Syukron..
BalasHapusUstadz maaf ada materi dalam bentuk pdfnya enggak? Kalau ada boleh donk minta!
BalasHapusTerima kasih ustadz
BalasHapusBagus banget sangat membantu dalam pembelajaran Bahas Arab. Bisa kirim filenya semoga menjadi amal saleh. Aamiin
BalasHapusIZIN COPY YA MIN, MATERINYA BAGUS
BalasHapusAlhamdulillah, artikel seperti ini sangat membantu saya mengulang-ulang kembali mempelajari materi yang sudah lalu dengan praktis. Jazakallahu khairan..
BalasHapusterimakasih atas sajian artikel sangat bagus. mohon izin saya ingin mencopy nya sebagai penunjang pembelajaran saya. mohon keridhoaan dan keikhlasannya. jazakumullah
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus