KELAS VII GANJIL




(PPelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Semester Ganjil)

 BAB I

التعريف بالنفس وَ بالعاملين فى المدرسة

المفردات
Kosa Kata


طَالِب
Siswa (lk)
طَالِبَة
Siswi (pr)
صَدِيْقِي
Temanku (laki)
صَدِيْقَتِي
Temanku (perempuan)
مُدَرِّس
Guru (lk)
نَاظِرُ المدرسة
Kepala/Pengawas Sekolah (lk)
مُوَظَّف
Pegawai (lk))
رَئِيْسُ الْفَصْلِ
(lk)Ketua kelas
بَائِع
 (lk)Penjual
خَادِم
 (lk)Pembantu
أَمِيْنُ الـمَكْتَبة
 (lk)Kepala Perpustakaan
سَائِق
 (lk)Sopir
بَوَّاب
Satpam (lk)


KATA TUNJUK 

اسم الاشارة))

هذَا
Ini (laki)

هذِهِ
ini (perempuan)
ذَلِكَ
itu (laki)

تِلْكَ
  itu (perempuan)






KATA GANTI ORANG
ضَمِيْر

1.               Kata ganti orang pertama (Saya)

                          أَنَا  Saya
    Kita/kami   نَحْنُ

2.               Kata ganti orang kedua (Kamu)


أَنْت  Kamu (1 org Lk)
أَنْتِ      Kamu (1 org Pr)
أَنْتُمَا   Kamu (2 org Lk/Pr)
أَنْتُمْ   Kamu (3 org Lk/lebih)
أَنْتُنَّ   Kamu (3 org Pr /lebih)
 
3.               Kata ganti orang ketiga (Dia)
هُوَ  Dia (1 org Lk) 
هِيَDia  (1 org Pr) 
هُمَا      Dia (2 org Lk/Pr)  
هُمْ Dia (3 org Lk/lebih)
هُنَّ  Dia (3 org Pr/lebih)  



Ungkapan-ungkapan untuk sapaan:

الْجَوَاب
التَّحِيَّة
Arti
Bentuk
Arti
Bentuk
Wa alaikumussalam
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
Assalamu’alaikum
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
Selamat datang
أهلا بِكَ
Selamat datang
أهْلاً وَسَهْلا
Selamat pagi juga
صَبَاحَ النُّوْرِ
Selamat pagi
صَبَاحَ الْخَيْرِ
Selamat sore juga
مَسَاءَ النُوْرِ
Selamat sore
مَسَاءَ الْخَيْرِ
Selamat siang juga
سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ
Selamat siang
نَهَارُكَ سَعِيْدٌ
Selamat malam juga
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةٌ
Selamat malam
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة
Sama-sama
عَفْوًا
Terima kasih
شُكْرًا
Alhamdulillah baik
الْحَمْدُ لله بِخَيْر
Bagaimana kabarmu
كَيْفَ حَالُكَ
Semoga selamat
مَعَ السَّلاَمَةِ
Sampai jumpa
إِلىَ الِّلقَاءِ


TATA BAHASA

1.   Kata Ganti

حِلْيَة
طَالِبَة
Saya
أنا

عَزَّام
طَالِب
Saya
أنا
Kamu (perempuan)
أنتَ

Kamu (laki-laki)
أنتَ
Dia (perempuan)
هِىَ

Dia (laki-laki)
هُوَ

2.  Isim Isyarah (kata petunjuk)

Keterangan
مُؤَنَّث
مُذَكَّر
Untuk jarak dekat
ذَلِكَ
هَذَا
Itu (laki-laki)
Ini (laki-laki)
Untuk jarak jauh
تِلْكَ
هَذِهِ
Itu (perempuan)
Ini (perempuan)
    
حِلْيَة
هَذِهِ

عَزَّام
هَذا
طَالِبَة
تِلْكَ

طَالِب
ذَلِكَ
صَدِيْقَتِىْ
هَذِهِ

صَدِيْقِي
هَذا
     Contoh :





3.  Kata Tanya “ مَنْ



Kata Tanya “ مَنْ
مُؤَنَّث

مُذَكَّر
الْجَوَاب
التَّحِيَّة
الرَّقْمُ

الْجَوَاب
التَّحِيَّة
الرَّقْمُ
هَذَهِ رَفِيْدَة
مَنْ هَذَهِ ؟
1

هَذَا عَزَّام
مَنْ هَذَا ؟
1
Ini Rofidah
Siapa ini ?

Ini Azzam
Siapa ini ?
هِىَقَانِتَة
مَنْهِىَ ؟
2

هُوَفَوْزَان
مَنْهُوَ ؟
2
Ini Qonitah
Siapa dia ?

Dia Fauzan
Siapa dia ?
أَنَاحِلْيَة
مَنْأنْتِ ؟
3

أَنَامَحْمُوْد
مَنْأنْتَ ؟
3
Ini Hilya
Siapa kamu ?

Saya Mahmud
Siapa kamu ?



1.   Mufradat kata benda laki-laki dan perempuan

إسْمٌ مُؤَنَّثٌ
إسْمٌ مُذَكَّر
Siswa (pr)
طَالِبَة
Siswa (lk)
طَالِب
Guru (pr)
مُدَرِّسَة
Guru (lk)
مُدَرِّس
Kepala Sekolah (pr)
نَاظِرَةُ الْمَدْرَسَة
Kepala Sekolah (lk)
نَاظِرُ المدرسة
Pegawai (pr)
مُوَظَّفَة
Pegawai (lk)
مُوَظَّف
Ketua kelas(pr)
رَئِيْسَة الْفَصْلِ
Ketua kelas(lk)
رَئِيْسُ الْفَصْلِ
Penjual (pr)
بَائِعَة
Penjual (lk)
بَائِع
Pembantu (pr)
خَادِمَة
Pembantu (lk)
خَادِم
Kepala Perpustakaan (pr)
أَمِيْنَة الـمَكْتَبة
Kepala Perpustakaan (lk)
أَمِيْنُ الـمَكْتَبة
Sopir (pr)
سَائِقَة
Sopir (lk)
سَائِق
Satpam (pr)
بَوَّابَة
Satpam (lk)
بَوَّاب



2.  Ungkapan-ungkapan sapaan

الْجَوَاب

التَّحِيَّة
Arti
Bentuk

Arti
Bentuk
Wa alaikumussalam
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
ç
Assalamu’alaikum
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
Selamat datang
أهلا بِكَ
ç
Selamat datang
أهْلاً وَسَهْلا
Selamat pagi juga
صَبَاحَ النُّوْرِ
ç
Selamat pagi
صَبَاحَ الْخَيْرِ
Selamat sore juga
مَسَاءَ النُوْرِ
ç
Selamat sore
مَسَاءَ الْخَيْرِ
Selamat siang juga
سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ
ç
Selamat siang
نَهَارُكَ سَعِيْدٌ
Selamat malam juga
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةٌ
ç
Selamat malam
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة
Sama-sama
عَفْوًا
ç
Terima kasih
شُكْرًا
Alhamdulillah baik
الْحَمْدُ لله بِخَيْر
ç
Bagaimana kabarmu
كَيْفَ حَالُكَ
Semoga selamat
مَعَ السَّلاَمَةِ
ç
Sampai jumpa
إِلىَ الِّلقَاءِ


3.  Kata Ganti Milik

namaku
اِسْمِـيْ
اِسْمُ + أَنَا
1
namamu (lk)
اِسْمُكَ
اِسْمُ + أَنْتَ
2
namamu (pr)
اِسْمُكِ
اِسْمُ + أَنْتِ
3
namanya (lk)
اِسْمُهُ
اِسْمُ + هُوَ
4
namanya (pr)
اِسْمُهَا
اِسْمُ + هِيَ
5



الرَّقْم
الْكَلِمَة
الضَّمِيْر ( Kata Ganti )
أَنَا
أنْتَ
أنْتِ
هُوَ
هِىَ
1
اِسْمٌ
اِسْمِي
اِسْمُكَ
اِسْمُكِ
اِسْمُهُ
اِسْمُهَا
2
صَدِيْق
صَدِيْقي
صَدِيْقُكَ
صَدِيْقُكِ
صَدِيْقُهُ
صَدِيْقُهَا
3
أَخ
أَخِي
أَخُوكَ
أَخُوكِ
أَخُوهُ
أَخُوهَا
4
أخت
أُخْتِي
أُخْتُكَ
أُخْتُكِ
أُخْتُهُ
أُخْتُهَا


Kata Tanya “ مَا” dan “ مَنْ” Milik 
Kegunaan
Contoh kalimat

 مَا (apakah)
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kata benda yang tidak berakal
اِسْمِىْ عَلِىّ
اِسْمُكَ ؟
مَا
اِسْمِىْ خَدِيْجَة
اِسْمُكِ ؟
هَذَا كِتَابٌ
هَذَا ؟
هَذِهِ مِسْطَرَةٌ
هَذِهِ ؟
 مَنْ (siapa)
Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kata benda yang berakal
أنا طَالِب
أنتَ
من
أنا مُدَرِّسَة
أنتِ
هَذَا عَلِىّ
هَذَا ؟
هَذِهِ خَدِيْجَة
هَذِهِ ؟





Petunjuk Arah:

الشَّرْقِيَّة
Timur


الْغَرْبِيَّة
Barat


الْجَنُوْبِيَّة
Selatan


 الْوُسْطَى
 Tengah



الشَّمَالِيَّة
 Utara



جَاوَى الشَّرْقِيَّة
Jawa Timur

سُومَطْرَا الْجَنُوْبِيَّة
 Sumatra Selatan

كَلِيمَانْتَانْ الغَرْبِيَّة
Kalimantan Barat


سُوْلاَوسِى الْوُسْطَى
Sulawesi Tengah

 مَالُوْكُوْ الشَّمَالِيَّة
 Maluku Utara

 عَاصِمَة
 Ibu kota

 مَدِيْنَة
 Kota

 قَرْيَة
 Desa


     Contoh kalimat :
1
قَرْيَةُ سُوْمبرْكَالِى فِىْ مَدِيْنَة سُوْرَابَايَا
Desa Sumberkali di Kota Surabaya
2
مَدِيْنَةُ سُوْرَابَايَا فِىْ جَاوَى الشَّرْقِيَّة
Kota Surabaya di Jawa Timur
3
عَاصِمَةُ جَاوَى الشَّرْقِيَّة سُوْرَابَايَا
Ibukota Jawa Timur adalah Surabaya



القراءة



اِسْمِىْ فَارُوْق . أَنَا طَالِب فِىْ هَذِه ِالْمَدْرَسَة . وَهَذَا أَخِىْ، اِسْمُهُ صَالِح . هُوَ طَالِب أَيْضًا . وَهَذِهِ صَدِيْقَتِىْ، اِسْمُهَا فِطْرِيَة . هِىَ رَئِيْسَةُ الْفَصْل . تِلْكَ مُدَرِّسَتِىْ ، اِسْمُهَا اْلأُسْتَاذَة نَفِيْسَة . هِىَ مُدَرِّسَةُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّة . وَذَلِكَ ، اْلأُسْتَاذ مَنْصُوْر . هُوَ نَاظِرُ الْمَدْرَسَة .
اُنْظُرْ ! ذَلِكَ ، السَّيِّد عُمَر . هُوَأَمِيْنُ الـمَكْتَبَة فِىْ هَذِهِ الْمَدْرَسَة . وَتِلْكَ ، السَّيِّدَة حَفْصَة . هِىَ مُوَظَّفَة فِىْ الْمَكْتَبَة .وَهَذَا بَائِع ، اِسْمُهُ السَّيِّد خَالِص . وَهَذِهِ بَائِعَة ، اِسْمُهَا السَّيِّدَة فَاطِمَة .ذَلِكَ سَائِق وَتِلْكَ سَائِقَة . السَّائِق اِسْمُهُ السَّيِّد حَفِيْظ . وَالسَّائِقَة اِسْمُهَا السَّيِّدَة كَامِلَة .
اُنْظُرْ أَيْضًا ! ذَلِكَ بَوَّاب . اِسْمُهُ السَّيِّد مَسْعُوْد . هُوَ مِنْ سُوْرَابَايَا . وَتِلْكَ خَادِمَة . اِسْمُهَا نَبِيْلَة . هِىَ مِنْ بَانْدُوْنج .








BAB II
المرافق والأدوات المدرسية
(Fasilitas dan Alat-Alat Sekolah)


المفردات
Kosa Kata


1.     Peralatan Sekolah
Tas   حَقِيْبَة
Buku       كِتَاب
Penggaris مِسْطَرَة
Pena        قَلَم
Penghapus (papan tulis)     مِمْسَحَة
Pensil       مِرْسَم
Penghapus pensil     مِمْحَاة
Kamus     قَامُوْس
Kotak Pensil    مِقْلَمَة
Buku Presensi كَشْفُ اْلغِيَاب
Gambar   صُوْرَة
Dinding   حَائِط
Peta خَرِيْطَة
Kursi        كُرْسِيّ
Buku Tulis كُرَّاسَة
Kertas      قِرْطَاس
Jam  سَاعَة
Meja        مَكْتَب
Papan Tulis     سَبُّوْرَة
Lampu     مِصْبَاح

2.     Tempat
Toilet      مِرْحَاض
Kelas        فَصْل
Lapangan مَلْعَب
Perpustakaan   مَكْتَبَة
Kamar mandi  حَمَّام
Musholla مُصَلَّى


3.     Terkait Kata Keterangan Tempat beserta contoh dalam kalimat


Di dalam  فِي      1
اْلقَلَم فِي اْلحَقِيْبَة    
Di atas (menempel) عَلَى    2
الكِتَاب عَلَى الْمَكْتَب    
Di atas (tidak menempel) فَوْقَ    3
الْمِصْبَاح فَوْقَ الْمَكْتَب     
Di bawah تَحْتَ   4
الْمِقْلَمَة تَحْتَ الْكُرَّاسَة    
Di depan أَمَامَ    5
الْمُصَلَّى أَمَامَ الْمَلْعَب    
Di belakang     وَرَاءَ    6
الْمَسْجِد وَرَاءَ الْفَصْل     
Di antara بَيْنَ     7
الْمِقْلَمَة بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس       
Di samping      جَانِبَ  8
الْمِمْسَحَة جَانِبَ الْمِرْسَم              


4.     Kata Sifat


معنى
(Arti)
مؤنث
(Pr)
مذكر
(Lk2)

معنى
(Arti)
مؤنث
(Pr)
مذكر
(Lk2)
kecil
صَغِيْرَةٌ
صَغِيْرٌ
Lawan kata
besar
كَبِيْرَةٌ
كَبِيْرٌ
dekat
قَرِيْبَةٌ
قَرِيْبٌ

jauh
بَعِيْدَةٌ
بَعِيْدٌ
pendek
قَصِيْرَةٌ
قَصِيْرٌ
Lawan kata
panjang
طَوِيْلَةٌ
طَوِيْلٌ
sedikit
قَلِيْلَةٌ
قَلِيْلٌ

banyak
كَثِيْرَةٌ
كَثِيْرٌ
kotor
وَاسِحَةٌ
وَاسِحٌ
Lawan kata
bersih
نَظِيْفَةٌ
نَظِيْفٌ
jelek
قَبِيْحَةٌ
قَبِيْحٌ

indah
جَمِيْلَةٌ
جَمِيْلٌ
malas
كَسْلَانَةٌ
كَسْلَانٌ
Lawan kata
rajin
نَشِيْطَةٌ
نَشِيْطٌ
sempit
ضَيِّقَةٌ
ضَيِّقٌ

luas
وَاسِعَةٌ
وَاسِعٌ
lambat
بَطِيْئَةٌ
بَطِئٌ
Lawan kata
cepat
سَرِيْعَةٌ
سَرِيْعٌ
dangkal
ضَحْلَةٌ
ضَحْلٌ

dalam
عَمِيْقَةٌ
عَمِيْقٌ
Mudah
سَهْلَةٌ
سَهْلٌ
Lawan kata
susah
صَعْبَةٌ
صَعْبٌ
 dusta   
كَاذِبَةٌ
كَاذِبٌ
Lawan kata
benar
صَادِقَةٌ
صَادِقٌ


TATA BAHASA


Keterangan
1.   Kata Tanya “أَيْنَ” (dimana) digunakan untuk menanyakan tempat.
     Contoh :

Arti
Jawaban

Pertanyaan
Pena itu di dalam tas
اْلقَلَم فِي اْلحَقِيْبَة
ç
اْلقَلَم ؟
أَيْنَ
Buku itu di atas meja
الكِتَاب عَلَى الْمَكْتَب
ç
الكِتَاب ؟
Lampu itu di atas kursi
الْمِصْبَاح فَوْقَ الْكُرْسِىّ
ç
الْمِصْبَاح ؟
Tempat pena itu di bawah buku tulis
الْمِقْلَمَة تَحْتَ الْكُرَّاسَة
ç
الْمِقْلَمَة ؟
Mushalla itu di depan lapangan
الْمُصَلَّى أَمَامَ الْمَلْعَب
ç
الْمُصَلَّى ؟
Masjid itu di belakang kelas
الْمَسْجِد وَرَاءَ الْفَصْل
ç
الْمَسْجِد ؟
Tempat pena itu di antara penggaris dan kamus
الْمِقْلَمَة بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس
ç
الْمِقْلَمَة ؟
Penghapus papan tulis itu di samping pensil
الْمِمْسَحَة جَانِبَ الْمِرْسَم
ç
الْمِمْسَحَة ؟

2.  Mubtada’ Khobar

a. Mubtada & Khabar dari kata keterangan tempat

الْخَبَر
الْمُبْتَدَأ


الْخَبَر
الْمُبْتَدَأ

فِي اْلحَقِيْبَة
اْلقَلَم
5

أَمَامَ الْمَلْعَب
الْمُصَلَّى
1
عَلَى الْمَكْتَب
الكِتَاب
6

وَرَاءَ الْفَصْل
الْمَسْجِد
2
فَوْقَ الْكُرْسِىّ
الْمِصْبَاح
7

بَيْنَ الْمِسْطَرَة وَالْقَامُوْس
الْمِقْلَمَة
3
تَحْتَ الْكُرَّاسَة
الْمِقْلَمَة
8

جَانِبَ الْمِرْسَم
الْمِمْسَحَة
4







Keterangan :
1.  Kedudukan kata yang tercetak tebal adalah sebagai Mubtada’ (subyek)
2.  Kedudukan kata yang berwarna merah adalah sebagai Khobar (predikat dengan bentuk kata keterangan tempat)
3.  Struktur contoh-contoh di atas adalah :
Mubtada (subyek)
+
Khobar (predikat kata keterangan tempat)
.

b. Mubtada & Khabar dari kata sifat

مُؤَنَّث

مُذَكَّر
Arti
الْخَبَر
الْمُبْتَدَأ

Arti
الْخَبَر
الْمُبْتَدَأ
Ini penggaris
مِسْطَرَةٌ
هَذِهِ

Ini kelas
فَصْلٌ
هَذَا
Penggaris (itu) panjang
طَوِيْلَةٌ
الْمِسْطَرَةُ

Kelas (itu) bersih
نَظِيْفٌ
الْفَصْلُ
Penggaris ini panjang
طَوِيْلَةٌ
هَذِهِ الْمِسْطَرَةُ

Kelas ini bersih
نَظِيْفٌ
هَذَا الْفَصْلُ







Keterangan :
1.   Mubtada’adalah kata yangberkedudukan sebagai subyek
2.   Khobaradalah kata yang menerangkan Mubtada’ dan berkedudukan sebagai predikat
3.   Catatan :
a. Khobar harus sesuai dengan Mubtada’ (kecuali yang berupa kata keterangan tempat
b. Jika Mubtada’nya mudzakkar (laki-laki) maka khabarnya harus mudzakkar
c.  Jika Mubtada’nya mu’annats (perempuan) maka khabarnya harus mu’annats
d.  Bentuk kata sifat harus menyesuaikan dengan benda yang disifati dalam hal mudzakkar dan mu’annats (perhatikan dan cermati contoh di atas)
4.   Struktur contoh-contoh atas adalah :

Mubtada(subyek)
+
Khobar(predikat kata sifat
.

القراءة

اِسْمِى سَلْمَان . أنا طَالِب .
اُنْظُرْ إِلَى هذِهِ الصُوْرَة !
هذِهِ مَدْرَسَتِي . هِىَ كَبِيْرَة ومُنَظَّمَة وَجَمِيْلَة . وَهِىَ أَمَامَ الْمَسْجِد الْكَبِيْر . الـمَدْرَسة فِي شَارِع سُوكَارْنُو رَقْم 7
وَهَذَا فَصْلِىْ .الفَصْل وَاسِع وجَمِيْل، الْفَصْلُ مُنًظَّم .
اُنْظُرْ ! هذِهِ سَبُّوْرَة . السَبُّوْرَة عَلَى الحَائِط
وَهذِهِ سَاعَة . السَّاعَة جَمِيْلَة . السَاعَة فَوْقَ السَبُّوْرَة .
هذِهِ حَقِيْبَتِي . حَقِيْبَتِي جَمِيْلَة . الـحَقِيْبَة عَلَى الـمَكْتَب .
وَهَذَا مُصَلَّى الْمَدْرَسَة . هُوَ بَيْنَ الْمَكْتَبَةِ وَالْفَصْل . هُوَ صَغِيْر وَنَظِيْف وجَمِيْل .
هذِهِ مَكْتَبةُ الْمَدْرَسَة . الـمَكْتَبةُ كَبِيْرَة، وَهِذِهِ الـمَكْتَبة مُنَظَّمَة .هِىَ جَانِبَ الْمُصَلَّى
اُنْظُرْ ! إِلَى هَذَا الـمَلْعَب .هُوَ وَرَاءَ الْمَدْرَسَة . هُوَ وَاسِع .
هَذَا مِرْحَاض . الـمِرْحاضُ نَظِيْف ، هُوَ وَرَاءَ الـمُصَلىَّ .



BAB III

الأَلْوَانُ

المفردات
(Kosa Kata)

1.Warna-warna




2.     Benda  dan Warnanya

Warna mawar itu merah
لَوْنُ الوَرْدَةِ أَحْمَرُ

Mawar
وَرْدَةٌ
Warna apel itu hijau
لَوْنُ التُّفَّاحَةِ أَخْضَرُ

Apel
تُفَّاحَةٌ
Warna telur itu krem
لَوْنُ البَيْضَةِ كَرِيْمِيٌّ

Telur
بَيْضَةٌ
Warna pisang itu kuning
لَوْنُ المَوْزِ أَصْفَرُ

Pisang
مَوْزٌ
Warna sepeda motor itu hitam
لَوْنُ الجَوَّالةِ اَسْوَدِ

Sepeda motor
جَوَّالةٌ
Warna Tas itu ungu
لَوْنُ الحَقِيْبَة بَنَفْسَجِىّ

Tas
حَقِيْبَة
Warna kertas itu putih
لَوْنُ القِرْطَاس أَبْيَض

Kertas
قِرْطَاس
Warna mobil itu abu-abu
لَوْنُ السَيَّارَةِ رَمَادِيٌّ

Mobil
سَيَّارَةٌ







TATA BAHASA

1. Kata Tanya Perhatikan contoh-contoh berikut ini !

Alternatif Jawaban
Pertanyaan
2
1
الْكِتَاب لَوْنُهُ أَصْفَر
لَوْنُ الْكِتَاب أَصْفَر
الْكِتَاب؟
مَا لَوْنُ
Buku itu warnanya kuning
Warna buku itu kuning
السَاعَة لَوْنُهَا أَسْوَد
لَوْنُ السَاعَة أَسْوَد
السَاعَة؟
Jamitu warnanya hitam
Warna jam itu hitam
الْمِرْسَم لَوْنُهُ بُنِّىّ
لَوْنُ الْمِرْسَم بُنِّىّ
الْمِرْسَم ؟
Pensilitu warnanya coklat
Warna pensil itu coklat
الوَرْدَة لَوْنُهَا أَحْمَر
لَوْنُ الوَرْدَة أَحْمَر
الوَرْدَة ؟
Mawaritu warnanya merah
Warna mawar itu merah
ê
ê


Kata benda di dahulukan, dan kata لَوْنُ disambungkan dengan dlomir muttasil yang kembali kepada kata bendanya
(lihat kata berwarna merah)
Kata benda jatuh setelah penyebutan kata لَوْنُ
(lihat kata berwarna hitam)





Perhatikan :
Struktur susunan ini adalah Mubtada’ Khobar



2. Perhatikan contoh-contoh berikut ini !

Jika
Bentuk kalimat
مُذَكَّر
مُؤَنَّث
Arti
Contoh
Arti
Contoh
dengan  لَوْنُ
Warna buku itu merah
لَوْنُ الْكِتَاب أَحْمَر
Warna mawar itu merah
لَوْنُ الْوَرْدَة أَحْمَر
Kata warna tetap berbentuk mudzakkar (laki-laki), meskipun kata bendanya berbentuk mudzakkar ( الْكِتَاب ) atau mu’annats ( الْوَرْدَة )
tanpa  لَوْنُ
buku itu merah
الْكِتَاب أَحْمَر
mawaritu merah
الْوَرْدَة حَمْرَاء
buku yang merah
كِتَاب أَحْمَر
mawaryang merah
وَرْدَة حَمْرَاء
Kata warna disesuaikan dengan bentuk kata bendanya
·  Jika benda mudzakkar ( الْكِتَاب ), maka warna juga harus mudzakkar ( أَحْمَر )
·  Jika benda mu’annats ( الْوَرْدَة ), maka warna juga harus mu’annats (حَمْرَاء )

a. Bentuk-bentuk kosakata warna

رقم
مُذَكَّر
مُؤَنَّث

رقم
مُذَكَّر
مُؤَنَّث

رقم
مُذَكَّر
مُؤَنَّث
1
أَبْيَض
بَيْضَاء

5
أَحْمَر
حَمْرَاء

9
بُرْتُقَالِىّ
بُرْتُقَالِيَّة
2
أَزْرَق
زَرْقَاء

6
أَسْوَد
سَوْدَاء

10
بُنِّىّ
بُنِّيَّة
3
أَخْضَر
خَضْرَاء

7
كرِيْمِي
كرِيْمِيَّة

11
وَرْدِىّ
وَرْدِيَّة
4
أَصْفَر
صَفْرَاء

8
رَمَادِيّ
رَمَادِيَّة

12
بَنَفْسَجِىّ
بَنَفْسَجِيَّة
  
b.  Contoh-contoh kalimat
- Contoh benar

مُذَكَّر

مُؤَنَّث
Arti
Contoh

Arti
Contoh
buku merah
الكِتَاب أَحْمَر

mawar merah
الوَرْدَةٌ حَمْرَاء
jerukkuning
البُرْتُقَال أَصْفَر

penggaris coklat
المِسْطَرَة بُنِّيَّة
pena hijau
القَلَم أَخْضَر

papan tulis abu-abu

السَبُّوْرَة رَمَادِيَّة


- Contoh salah

No
Contoh
Arti
Alasan
1
أَحْمَر كِتَاب
Buku yang merah
Kata أَحْمَر harus jatuh setelah kata كِتَاب
2
حَمْرَاء وَرْدَةٌ
Mawar yang merah
Kata حَمْرَاء harus jatuh setelah kata وَرْدَةٌ
3
الكِتَاب حَمْرَاء
Buku itu merah
Kata حَمْرَاء harus berbentuk mudzakkar, karena kata الكِتَاب adalah mudzakkar
4
الوَرْدَة أَحْمَر
Mawar itu merah
Kata أَحْمَر harus berbentuk mu’annats, karena kata الوَرْدَة adalah mu’annats


فِي الْفَصْلِ الدِّرَاسِيّ
أَنَا طَالِب فِى الْفَصْل الأوَّل مِنَ الـمَدْرَسَة الْمُتَوَسِّطَة الإِسْلاَمِيَّة 1 مَالاَنج . فَصْلِىْ جَمِيْل وَمُنَظَّم . هُوَ جَانِبَ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَة .
اُنْظُرْ إِلَى الصُوْرَة . تِلْكَ صُوْرَةُ رَئِيْسِ الْجُمْهُوْرِيَّة . وهِيَ عَلَى الحَائِط . الحَائِط لَوْنه أصفر .
انْظُرْ ! تلك سَبُّوْرَة . السَّبُّوْرَة فِىْ فَصْلِىْ لَوْنُهَا أَبْيَض
اُنْظُرْ إِلَى أَقْلاَم الجَافّ. هى على مكتب المدرس . أَلْوَانُهَا مُتَنَوِّعَة (أَسْوَد وَأَزْرَق وَأَحْمَر وَأَخْضَر)
اُنْظُرْ إِلَى أَقْلاَم الطُّلاَّب. هِىَ عَلَى مَكْتَبِ الطُّلاَّب . أَلْوَانُهَا مُتَنَوِّعَة أيضا (أَسْوَد وَبَنَفْسَجِىّ وَأَحْمَر وَوَرْدِىّ وَبُرْتُقَالِىّ وَأَزْرَق وَرَمَادِيّ وَكرِيْمِي وَأَخْضَر وَبُنِّىّ )


34 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr.wb...
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesediannya untuk membaca komentar ini.
    ustadz apakah program ini telah diterapkan di sekolahan2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam wr.wb...
      Mbak Efi.. terima kasih atas komentarnya.. oh ya, materi ini saya buat sebagai materi tambahan untuk siswa-siswi yang saya ajar, kalau ada yang pihak lain yang suka dan ikut mempelajarinya, justru saya lebih senang sekali.. Materi ini dibuat mengacu dg kurikulum 2008 untuk bahasa arab tingkat mts, dan nanti kalau kurikulum 2013 teleh kita terima, insya Allah kita sesuaikan lagi.. syukron.

      Hapus
  2. saya setuju dengan apa yang telah ustd. berikan di blog semoga apa yang telah di tulis bermanfaat bagi kami semua amin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas dukungannya.. dukungan antum memotivasi saya untuk segera melanjutkan blog ini.. walaupun agak sulit mencari sela-sela waktu.. berharap atas ridhanya Allah swt kita perjuangkan kelanjutan blog ini supaya bermanfaat.. amin

      Hapus
  3. Bagus nie...buat ngajar anak kecik....

    BalasHapus
  4. ringkasan materi tambahannya bagus ustadz, sekedar usul saja mungkin ustadz membbuat modul bahasa arab juga untuk kls 7,8,9 .biar lebih lengkap......

    BalasHapus
  5. Sangat bagus ust .Kadang kita tahu. Tp kita ga tau mau memulainya dari mana

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum

    Ustadz bisa gak materi ny dibuat dalam bentuk pdf,
    Biar kita, yg mau melihat, ataupun mau mendalami materi trsebut bisa lebih mudah,
    Syukron, jazakallahu khoiron,

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum ustadz.. Terimakasih banyak materinya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah bahasa arab saya semakin lancar. Terima kasih😊

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas semua komentarnya.. dan baiklah sekarang kita kembangkan lagi blog ini, kita tambah materi dan BAB nya dengan mengacu kurikulum terbaru K13

    BalasHapus
  10. Bab 2 mana
    Kalau bisa jangan di buat pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku sumber dari kemenag dengan file pdf bisa langsung didownload.. kalau ingin mengedit, halaman ini bisa dicopy pastekan ke word..

      Hapus
  11. terima kasih ustadz, saya izin copy materinya untuk UTS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan.. Saya akan senang sekali kalau blog ini bisa bermanfaat..

      Hapus
  12. alhamdulillaah... sangat membantu saya mencari materi bahasa arab untuk kelas 7. terimakasih untuk yang telah membuat dan mengupload.

    BalasHapus
  13. Assalamulaikum ustadz
    Materinya sangat membantu terutama saya siswa kelas 7 MTs,di sini saya lebih bisa memahami tentang materi kelas 7,apabila di dalam LKS saya kurang paham karena penjelasannya banyak tapi kurang rinci dan materinya tidak keluar saat ulangan.
    Sangat membantu,mantap,terima kasih👍
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  14. materinya sangat membantu guru dan siswa..syukran jazila

    BalasHapus
  15. Mau yg semester genap ya ustadz....Syukron..





    BalasHapus
  16. Ustadz maaf ada materi dalam bentuk pdfnya enggak? Kalau ada boleh donk minta!

    BalasHapus
  17. Bagus banget sangat membantu dalam pembelajaran Bahas Arab. Bisa kirim filenya semoga menjadi amal saleh. Aamiin

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, artikel seperti ini sangat membantu saya mengulang-ulang kembali mempelajari materi yang sudah lalu dengan praktis. Jazakallahu khairan..

    BalasHapus
  19. terimakasih atas sajian artikel sangat bagus. mohon izin saya ingin mencopy nya sebagai penunjang pembelajaran saya. mohon keridhoaan dan keikhlasannya. jazakumullah

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus